Monday, 24 July 2017 21:40:25

Peluang Usaha Unik: Pekatnya Usaha Asap Cair

Advertisement

Peluang Usaha Unik: Pekatnya Usaha Asap Cair - Akhir-akhir ini banyak orang mulai menerapkan pola hidup sehat dan juga mulai mengaplikasikan tren pertanian organik. Seiring dengan hal tersebut,muncul inovasi baru yaitu produk liquid smoke atau asap cair.

Asap kan berbentuk gas, kok bisa cair? Ternyata asap cair ini diperoleh dari proses penyulingan yang dilakukan secara berulang ulang hingga menghasilkan kualitas asap cair yang bervariasi.

peluang usaha asap cair

Asap cair ini dibagi menjadi 3 kualitas yaitu grade 1 untuk yang paling bening, biasa digunakan dalam proses pengawetan bakso, ikan, dll. Selanjutnya adalah grade 2 yang biasa digunakan untuk makanan seperti ikan bakar. Yang terakhir adalah grade 3 yang digunakan sebagai desinfektan serangga.

Menelisik Kisah Pelaku Usaha Asap Cair

Yamin warga asal Malang, Jawa Timur ini mulai memproduksi liquid smoke pada tahun 2014. Yamin memproduksi liquid smoke menggunakan alat ciptaannya sendiri. Alat tersebut ia klaim lebih efisien karena dapat memproduksi asap dalam tiga tahap sekaligus.

Ia mengaku optimis menjalankan usaha ini, karena disamping dikecamnya penggunaan formalin untuk pengawetan makanan oleh pemerintah juga karena ketersediaan bahan baku yang melimpah.

Bahan yang digunakan adalah tempurung kelapa, bonggol kelapa sawit, sekam dan kayu.

Advertisement

Yamin mengaku dalam sehari ia dapat memproduksi asap cair sebanyak 180 liter dalam keadaan normal. Untuk keuntungan, Yamin mengambil sekitar 20% sampai 40 % dari harga jualnya.

Beragam Jeratan Usaha Asap Cair

Problem yang dihadapi para pengusaha asap cair ini justru datang dari sulitnya mendapatkan sertifikasi. Apabila asap cair produksinya didaftarkan di BPOM, dia masuk ke dalam kategori perasa alami, padahal dia mengharapkan produknya ini masuk ke dalam kategori bahan pengawet aman.

Biayanya pun juga mahal, Yamin mengaku pernah ditawari untuk membuat sertifikat dengan banderol Rp120 juta.

Ia mengaku tidak pantang menyerah begitu saja. Ia dan pengusaha lainnya mulai memanfaatkan perkembangan teknologi. Ia mulai memasarkan produknya tersebut melalui marketplace seperti Alibaba dan Rakuten.

Ia mengaku pemasaran dengan metode online lebih ampuh karena peminat juga datang dari luar negeri. Ia juga melakukan pendekatan kepada pelanggan potensial seperti produsen makanan, pabrik pengolahan makanan hingga ke perusahaan ikan dan tempat lelang ikan.

Peluang Usaha Unik: Pekatnya Usaha Asap Cair. Category: Usaha Kecil Menengah. Tagged with: , , . Terms: Lotre petasan, bu aleng, usaha rumahan sukses di klaten, peluang usaha unik: pekatnya usaha asap cair.
error: Content is protected !!