Tuesday, 23 May 2017 20:19:25

Tips Merencanakan Bisnis Warung Kopi Modern

Advertisement

Tips Merencanakan Bisnis Warung Kopi Modern - Kalangan menengah kebawah mempunyai kebiasaan mencari tempat yang cocok dengan uang bawaannya. Jadi apabila mereka ingin menikmati secangkir kopi panas, tentu warung kopi sederhana lah yang dicarinya.

Membuka bisnis warung kopi sederhana seperti menyambut datangnya keuntungan. Sebab bisnis ini boleh dibilang tidak pernah mati dan selalu dicari. Bisnis warung kopi sederhana tidak terpengaruh dengan banyaknya bermunculan kafe atau kedai kopi modern karena bagaimanapun, target konsumen mereka yang berbeda.

Mari kita berhitung dengan harga secangkir kopi yang ditawarkan. Kedai kopi modern biasanya menjual secangkir kopi dengan harga antara 20 sampai 30 ribu rupiah. Sedangkan warung kopi sederhana menjual secangkir kopi antara 5 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah. Sangat berbeda bukan?

kopi

Untuk meraih peluang bisnis warung kopi sederhana, Anda perlu banyak belajar dari mereka yang telah mendirikan usaha serupa. Belajarlah dengan mengamati, meniru dan memodifikasi agar usaha yang Anda jalankan memiliki ciri khas.

Kunjungilah beberapa warung kopi sederhana. Pelajari bagaimana menunya, rasa kopi, peralatan yang digunakan dan bagaimana penyajiannya. Dari sini Anda bisa ketahui bagaimana sistem bisnis warung kopi sederhana berjalan.

Jika mengunjungi salah satu usaha warung kopi disekitar tempat anda, coba perhatikan dimana lokasi yang mereka gunakan untuk membuka usaha. Tidak ada salahnya melakukan riset kecil-kecilan ini sebelum Anda membuka usaha yang sama. Anda bisa memperkirakan berapa banyak orang yang berada disekitar lokasi ini dan seberapa ramai lalu lintasnya.

Advertisement

Selain itu perhatikan juga berapa kompetitor yang berada di sekitarnya. Dari sini Anda bisa menentukan seperti apa lokasi yang strategis untuk usaha warung kopi sederhana yang akan Anda buka.

Di beberapa kota, tempat yang paling strategis untuk membuka warung kopi sederhana adalah di wilayah perkantoran, terminal dan di pinggir jalan propinsi. Peluang datangnya konsumen sudah jelas besar karena lokasi ini selalu ramai dan tentunya banyak penikmat kopi disana.

Memulai Bisnis Warung Kopi Sederhana
Setelah melakukan riset kecil-kecilan saatnya Anda untuk memulai bisnis warung kopi sederhana. Tentukan menu kopi dan minuman apa saja yang Anda akan jual. Hal ini perlu berhubung Anda akan berbelanja kebutuhan bahannya.

Siapkan buku catatan dan mulailah mencatat apa saja peralatan yang Anda butuhkan. Seperti gelas dengan ukuran kecil dan besar, tatakan gelas, sendok dan yang terpenting adalah teko pembuat kopinya. Alat inilah yang membuat kopi yang ada di warung kopi berbeda dengan kopi yang biasa Anda buat sendiri di rumah. Sesuaikan belanja alat dan bahan dengan budget yang Anda miliki.

Nah setelah itu, promosikan tempat Anda berusaha. Ke teman – teman media, media sosial seperti facebook, twitter, BBM, path, instagram, dan lain sebagainya. Agar nama tempat ngopi Anda memiliki brand di masyarakat dan mulai terkenal.

Tips Merencanakan Bisnis Warung Kopi Modern. Category: Usaha Rumahan. Tagged with: , , . Terms: nama warung makan islami, dicari distributor rokok, contoh stempel warung, contoh stempel warung nasi sedia nasi, setempel warung nasi, tips merencanakan bisnis warung kopi modern.
error: Content is protected !!