Tuesday, 27 June 2017 10:43:48

8 Cara Promosi Bisnis Penyewaan Alat-alat Kantor

Advertisement

8 Cara Promosi Bisnis Penyewaan Alat-alat Kantor - Beberapa jenis alat-alat kantor dibutuhkan sewaktu-waktu tanpa harus suatu instansi atau perusahaan tersebut memilikinya. Contoh alat-alat kantor yang sering kali disewakan adalah komputer, mesin fotokopi, printer, LCD proyektor, kamera, dan banyak lagi jenis alat yang lainnya. Bisnis penyewaan alat-alat kantor ini bisa dijadikan pilihan untuk melakukan sektor wirausaha mengingat banyaknya usaha kecil dan menengah (UKM) yang bermunculan, yang pastinya sedikit banyak membutuhkan salah satu dari jenis-jenis alat-alat kantor tersebut.

Selain itu, beberapa kantor institusi atau perusahaan biasanya juga menyewa alat-alat kantor karena mengadakan kegiatan di luar kantor, dan pastinya memungkinkan membutuhkan jasa sewa peralatan kantor untuk kelangsungan kegiatannya.Untuk merintis bisnis sewa alat-alat kantor dan kelangsungan jalannya usaha jika memang sudah berjalan, maka diperlukan cara promosi yang tepat dengan menggunakan dan memanfaatkan berbagai media, baik media cetak / tulis, media elektronika (audio visual), media komunikasi secara langsung (direct), maupun media internet. Berikut ini rincian ulasannya:

1. Promosi dari mulut ke mulut, door to door

Mempromosikan dari pintu ke pintu (door to door) secara langsung merupakan cara yang dianggap konvensional. Namun cara ini tetap masih harus digunakan untuk menarik minat konsumen dalam bisnis penyewaan alat-alat kantor. Dengan cara langsug menemui konsumen di lapangan, dapat langsung dikenali karakteristik instansi atau kantor calon pelanggan alat-alat kantor tersebut, serta bisa memberikan saran yang terbaik alat-alat apa saja yang bisa digunakan di instansi tersebut. Hal ini semua berhubungan dengan servis atau pelayanan yang bisa diberikan secara langsung kapada customer / pelanggan.

Contohnya, ketika berpromosi dengan datang secara langsung ke instansi, promosi dapat dilakukan dengan memberikan presentasi, menjelaskan peralatan yang bisa disewakan kepada instansi atau perusahaan tersebut. Calon pelanggan bisa bertanya secara langsung saat presentasi, dan bisa berdiskusi. Dengan demikian terjadi komunikasi yang maksimal antara dua arah.

Sewa Network GO Rental

Jika, suatu instansi atau perusahaan sudah pernah menjadi pelanggan penyewaan alat-alat kantor, alangkah baiknya jika tetap memelihara komunikasi antar penyedia jasa penyewaan dengan pelanggan tersebut. Hal ini berhubungan dengan pemeliharaan servis terhadap alat-alat kantor yang digunakan, Jika servis kepada konsumen menjadi baik, maka konsumen tersebut pastinya akan mau untuk melakukan repeat order / order kembali terhadap peralatan kator yang disewanya dan merasakan kepuasan.

Dengan kesan positif tersebut, pelanggan yang telah menggunakan jasa sewa tersebut pastinya akan menyampaikan hal-hal positif berhubungan dengan bisnis penyewaan alat kantor ini. karena adanya kepercayaan dan kepuasan konsumen, maka secara tidak langsung dengan melakukan promosi yang dilakukan oleh pihak lain sebagai penyampai testimoninya kepada calon pelanggan yang lain.

2. Promosi dengan spanduk, neon box atau papan nama

Strategi bisnis berikutnya adalah berpromosi dengan memampang nama tempat usaha lengkap dengan alamat dan noimor telepon yang bisa dihubungi. Promosi nama seperti ini bisa dilakukan dengan menggunakan spanduk, neon box dan papan nama. Menggunakan spanduk bisa dipasang di beberapa tempat yang strategis di jalan-jalan.

Untuk memasang spanduk pasti diharuskan untuk mendapatkan ijin dari dinas setempat. Penggunaan spanduk yang letaknya baik, memungkinkan seseorang bisa membaca dan tahu lokasi atau tempat bisnis penyewaan alat-alat kantor.Sedangkan untuk pemasangan neon box atau papan nama, bisa dipasangkan di depan tempat usaha. harus ada kecocokan / kesesuaian apa yang ditulis di spanduk dengan yang tertulis di papan nama atau neon box.

3. Promosi dengan radio

Suatu bentuk bisnis bisa disampaikan promosinya kepada khalayak ramai melalui media iklan menggunakan perangkat elektronik. Media iklan yang memanfaatkan media elektronik yang paling konvensional adalah menggunakan stasiun radio. Radio saat ini menjadi lebih susut pendenganrnya dibandingkan dengan pada awal-awal kemunculannya.

Advertisement

Namun ini masih bisa dipertimbangkan sebagai media penyampaian promosi dengan membidik pasar pendengar radio. Caranya adalah dengan mendaftarkan langsung kepada salah satu atau beberapa stasiun radio lokal atau regional, dengan menyampaikan iklan seperti apa yang cocok untuk mempromosikan bisnis penyewaan alat-alat kantor. Pastinya soal harga tergatung durasi penyampaian iklan, dan waktu promosinya.

4. Promosi dengan televisi

Hampir mirip dengan radio, televis juga bisa digunakan untuk media promosi bisnis penyewaan alat-alat kantor. Televisi yang digunakan untuk berpromosi bisa dipilih sesuai kemampuan anggaran usaha. televisi yang dipilih juga bisa berasal dari televisi lokal setempat atau televisi skala regional dan nasional.

Semakin besar cakupannya, maka harganya iklan promosinya juga semakin mahal. Penyempaian iklan promosi dengan menggunakan media televisi adalah salah satu bentuk promosi secara audio dan visual. Iklan dinyatakan dalam bentuk video dengan durasi tertentu dan jam tanyang tertentu pula sesuai dengan tarif yang berlaku pada stasiun televisi. Untuk bentuk tampilan video promosinya bisa dikomunikasikan langsung dengan pihak stasiun televis yang nantinya menyiarkan promosi tersebut.

5. Promosi dengan brosur, leaflet

Brosur dan leaflet merupakan media penyampai prosmosi bisnis penyewaan alat-alat kantor, dan jenis bisnis lainnya yang paling umum. Brosur bisa disebarkan dan dan diberikan kepada siapa saja untuk memperkenalkan tempat usaha penyewaan alat kator. Dalam brosur atau leaflet diharapkan memberikan informasi yang jelas berhubungan dengan alamat usaha dan jenis peralatan yang bisa disewakan kepada calon pelanggan.

Semakin besar ukuran brosur, maka akan banyak menampung informasi yang diberikan kepada calon pelanggan. Tidak pula juga, dalam brosur disertakan nomor telepon contact person yang bisa dihubungi. Pemberian brosur bisa langsung diberikan ke rumah-rumah, tempat UKM, perusahaan atau instansi perkantoran. Brosur ini juga bisa disertakan pada saat promosi secara door to door.

6. Promosi di jejaring sosial

Dengan begitu banyaknya jejaring sosial atau media sosial yang ada saat ini, maka tidak salah media ini bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk menyampaikan promosi penyewaan alat-alat kantor yang ditawarkan. Jejaring sosial yang sering digunakan contohnya adalah Facebook (FB), Twitter, Instagram, Path, Google+, dan banyak lagi lainnya. Selain gratis, media ini digunakan untuk menyampaikan promosi dengan skala luas yang bisa dibaca oleh siapa saja melalui media internet. Contoh penggunaan promosi lewat FB, pelaku usaha persewaan bisa bergabung dengan sebuah grup khusus untuk menginformasikan usahanya secara luas. Dapat pula dengan membuat fanpage usahanya.

7. Promosi di website, atau blog

Jika ingin lebih terlihat profesioanal, cara promosi bisnis penyewaan alat-alat kantor ini bisa dengan membuat website atau blog. Untuk website dan blog terdapat dua pilihan, yaitu gratis dan berbayar. Pilihannya tergantung pilihan pelaku usaha, menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Di website dan blog dapat diposting semua hala yang berhubungan usaha yang dijalankan.

8. Promosi melalui Google Ads

Promosi menggunakan Google Ads, adalah promosi yang terpasang pada mesin pencari Google. Iklan promosi akan tampak ketika seseorang melakukan pencarian di Google. Promosi melalui Google Ads pastinya berbayar karena langsung bekerjasama dengan pihak Google.

Bisnis penyewaan alat-alat kantor ini bisa dijadikan pilihan untuk melakukan sektor wirausaha, dan 8 tips ini akan menghantarkan Anda pada kesuksesan. Category: Usaha Modal Kecil. Tagged with: , , . Terms: persyaratan menjadi agen produk unilever, syarat menjadi distributor unilever, cara bisnis alat kantor, 8 cara promosi bisnis penyewaan alat-alat kantor.
error: Content is protected !!