Tuesday, 27 June 2017 10:47:59

Peluang Usaha Jualan Keliling Modal Kecil

Advertisement

Peluang usaha dagang keliling yang menguntungkan & menghasilkan - Memiliki usaha sendiri memang lebih menyenangkan daripada bekerja dengan orang lain. Punya usaha sendiri berarti Anda punya wewenang sepenuhnya untuk menentukan jenis usaha, waktu, bahkan penghasilan yang ingin Anda capai. Yang perlu menjadi catatan, memulai usaha apapun jelas membutuhkan modal.

Besarnya modal yang Anda butuhkan tergantung dari jenis usaha yang akan Anda buka. Usaha elektronik misalnya, jelas membutuhkan modal yang relatif besar. Jika Anda terkendala masalah modal, tak ada salahnya mencoba usaha dagang keliling yang hanya membutuhkan modal kecil.

Motor untuk Usaha Keliling

Motor untuk Usaha Keliling

Sekalipun modal awal tidak terlalu besar, usaha dagang keliling terbukti mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Hasil yang didapat memang tidak kelihatan besar, namun boleh dibilang selalu kontinyu alias terus menerus. Berikut ulasannya.

Usaha Dagang Sayur Keliling

Pedagang sayur keliling menggunakan mobil pick up atau motor amat lazim kita jumpai di seluruh daerah di Indonesia. Di pedesaan, pedagang sayur keliling bahkan masih menggunakan sepeda ontel. Pelanggan dagang sayur keliling jelas dan spesifik, yakni ibu-ibu yang butuh sayuran segar untuk dimasak. Waktunya pun spesifik, umumnya pada pagi hari karena bahan-bahan yang dijual dibutuhkan untuk hidangan sarapan keluarga.

Pedagang sayur keliling memudahkan ibu-ibu yang tidak sempat ke pasar untuk belanja. Adanya pedagang keliling juga berguna bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil yang jauh dari pasar. Cukup dengan mangkal di pinggir jalan, biasanya di lokasi yang tetap dan strategis, pelanggan akan merubung dengan sendirinya.

Dagang sayur keliling tidak membutuhkan modal yang banyak. Anda cukup membeli bahan-bahan dari pasar, misalnya sayuran, daging, dan lauk mentah, lalu dijual kembali dengan harga yang selisih lebih tinggi. Biasanya, pemasok di pasar pun memberi harga khusus bagi pedagang sayur keliling yang nantinya akan dijual kembali.

Sepintas, usaha ini terlihat hanya mendatangkan laba yang kecil. Namun jika diteliti, usaha dagang sayur keliling memberi keuntungan yang rutin bagi penjualnya. Bahan-bahan yang dijual pedagang sayur keliling rata-rata habis, sold out, jarang ada yang tersisa dalam jumlah banyak.

Dengan bermodalkan sepeda motor, beberapa liter bensin, serta sayur mayur yang dimuatkan ke gerobak belakang motor, pedagang sayur keliling bisa mendapat penghasilan setara PNS golongan menengah (sekitar Rp 3-4 juta) per bulannya.

Selain modal kecil, yang diperlukan dalam dagang sayur keliling hanya keuletan, kesanggupan bangun pagi, dan siap menghadapi pelanggan yang kebanyakan ibu-ibu dengan berbagai karakternya.

Jual Buah Keliling

Dagang buah keliling juga bisa jadi opsi bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Berdagang buah-buahan bisa menggunakan pick up, dimana Anda menjual buah segar seperti jeruk, salak, pisang, dan sebagainya, dalam hitungan per kilo. Bisa juga Anda memakai gerobak kecil yang dipasangkan dengan alat kayuh sejenis sepeda, dimana Anda menjual buah-buah yang telah dikupas dan disajikan dalam bentuk potongan.

Advertisement

Modal untuk memulai usaha dagang buah keliling tidak banyak dan termasuk usaha dengan modal kecil, hanya berkisar Rp 1 hingga 5 juta. Bahkan, usaha dagang buah ini bisa Anda mulai hanya dengan modal beberapa ratus ribu saja. Pilih buah yang disukai banyak orang dan tidak cepat busuk, seperti apel, anggur, dan buah naga. Beli masing-masing 4-5 kilo untuk masing-masing jenisnya, dan jual kembali pada lokasi yang strategis.

Dagang buah keliling umumnya dilakukan pada siang hari, dan jika strategi berdagang Anda jempolan, biasanya hanya memakan waktu beberapa jam agar buah-buahan Anda laris manis tak bersisa.

Rata-rata pedagang buah keliling sudah balik modal pada 2 minggu pertama. Penghasilan yang didapat per bulan pun lebih dari lumayan. Pedagang buah menggunakan pick up yang mangkal di pinggir jalan besar, bisa mengantongi laba bersih 4-5 juta per bulannya.

Usaha Dagang Perabotan Keliling

Pernahkah Anda jumpai pedagang barang pecah belah yang berkeliling dengan mobil pick up? Usaha dagang perabotan keliling seperti ini ternyata tidak membutuhkan modal besar, namun keuntungannya cukup menjanjikan.

Barang-barang yang dijual oleh pedagang perabotan keliling umumnya peralatan rumah tangga, perlengkapan dapur, dan pecah belah. Barang-barang kebutuhan sehari-hari yang kadang dianggap sepele seperti gantungan baju, timba, sapu, dan sejenisnya, bisa dimanfaatkan jadi lahan usaha Anda. Kebanyakan orang malas membeli barang-barang kecil seperti ini di swalayan atau supermarket.

Tidak jarang pedagang perabotan keliling menjual barangnya dengan sistem “sepuluh ribu tiga”, artinya hanya dengan Rp 10 ribu, pembeli sudah bisa mendapat tiga macam barang. Barang yang didapat tentu barang-barang kecil yang memang harganya di kisaran ribuan, seperti sikat baju, sendok sayur, bahkan celana dalam.

Sistem dagang “sepuluh ribu tiga” terbukti ampuh memancing pembeli. Dengan mangkal di area perumahan penduduk yang strategis, serta kalimat promosi yang bisa Anda sesuaikan dengan calon pelanggan yang akan disasar, pedagang perabotan keliling bisa meraup laba bersih Rp 150 hingga 200 ribu per harinya.

Selain promosi yang tepat, Anda juga perlu memperhatikan lokasi jualan yang nantinya akan jadi tempat mangkal per daerahnya. Pilihlah lokasi di daerah padat penduduk, karena semakin banyak calon pembeli, semakin banyak pula yang nantinya akan beralih jadi pembeli bahkan pelanggan tetap. Hindari berjualan di lokasi yang dekat dengan pasar tradisional, karena kebanyakan orang lebih suka membeli di pasar yang harganya lebih miring.

Sesuaikan pula barang-barang yang Anda jual dengan kondisi perekonomian masyarakat yang Anda sasar. Misalnya, calon pembeli di pedesaan lebih membutuhkan alat-alat rumah tangga yang sederhana dan murah meriah, sedangkan pembeli di perkotaan butuh perabotan yang simpel, ringkas, dan multifungsi.

Jenis peluang usaha (dagang) keliling yang menguntungkan dengan modal kecil dan mudah. Prospek jualan keliling yang masih bagus dan menjanjikan. Category: Usaha Modal Kecil. Tagged with: , , . Terms: usaha dagang keliling yg menjanjikan, macam macam usaha keliling, macam usaha keliling, dagang yg menjanjikan, bisnis rokok keliling, usaha dagang keliling, usaha sendiri keliling menjual rokok, dagang keliling menjanjikan, dagang keliling menguntungkan, contoh pick up jualan sayur, peluang usaha jualan keliling modal kecil.
error: Content is protected !!