Tuesday, 27 June 2017 10:42:26

10 Tips Ampuh Membangun Kerajaan Bisnis Rental Mobil

Advertisement

10 tips peluang usaha bisnis rental mobil menguntungkan - Membangun suatu usaha merupakan salah satu cara yang kreatif dalam mencari dan menambah penghasilan. Salah satu bentuk usaha yang bisa dilakukan adalah merintis bisnis rental mobil. Usaha ini dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan bagi mereka yang memiliki kendaraan, agar lebih produktif dan menghasilkan, tanpa hanya digunakan untuk keperluan pribadi saja.

Mengapa perlu merintis usaha rental mobil? Hal ini terkait dengan mobilitas manusia saat ini, yang mengharuskan seseorang untuk bepergian untuk keperluannya masing-masing. Beberapa orang banyak yang menjatuhkan pilihannya untuk cenderung lebih memilih jasa rental mobil karena harganya yang cukup terjangkau, bebas menentukan rute perjalanan, waktu lebih cepat, tidak mengeluarkan banyak uang dan tenaga yang untuk turun naik angkot atau transportasi umum.

Peluang Usaha Rental Mobil

Beberapa contoh ide bisnis rental mobil ini adalah rental antar jemput bandara (airport shuttle), rental harian mobil, antar jemput mall atau kantor. Berikut ini tips-tips yang bisa digunakan sebagai senjata ampuh dalam merintis usaha rental mobil adalah:

1. Target dan Prospek

Menentukan target market atau konsumen perlu dilakukan, untuk mengetahui seberapa besar prospek usaha yang akan dilaksanakan. Target konsumen ini contohnya orang kantor, orang umum, orang luar pulau yang ingin berwisata, dan lainnya. Memang lebih baik jika menentukan market konsumen bisa dari semua kalangan sehingga prospek usahanya bisa menjangkau semua orang yang membutuhkan jasa rental mobil. Semakin luas target konsumennya, maka prospek usaha kemungkinan akan semakin besar. Target konsumen ini juga masih ada hubungannya dengan lokasi usaha tempat berdirinya usaha. Jika letak bisnis rental mobil memungkinkan banyak orang memiliki mobilitas yang tinggi terhadap transportasi, maka prospek usaha nya akan semakin baik. Contohnya lokasi yang berda di perkotaan dengan banyak industri atau perkantoran, bandara, institusi pendidikan, dan lainnya.

2. Lokasi

Menidirikan bisnis rental mobil hendaknya memilih lokasi yang strategis dan dekat dengan keramaian dan akses jalan. Selain itu, seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, lokasi usaha berhubungan dengan target konsumen dan prospeknya. Lokasi ini juga sangat penting karena terkadang orang yang ingin menyewa mobil bingung jika lokasinya jauh dan tidak begitu banyak dikenal orang, Lokasi usaha yang strategis intinya akan menunjang pemasaran dalam mencari pelanggan pengguna jasa mobil yang disewakan. Jika seseorang yang memulai bisnis rental mobil ini menentukan lokasi usaha yang strategis, bisa dilakukan dengan menagwalinya dari rumah. Caranya adalah dengan menawarkan ke tetangga sekitar.

3. Kebutuhan konsumen dan selera mobil

Pelaku bisnis rental mobil hendakanya bisa memahami kebutuhan konsumen. Beberapa konsumen menyukai untuk menyewa mobil yang bisa menampung orang banyak. Perlu pula untuk memilih jenis mobil yang biaya perwatan dan biaya operasionalnya kecil atau murah. Harga spare parts (suku cadang) yang murah akan membantu menghemat biaya operasional dari mobil yang disewakan, termasuk didalamnya biaya servis atau perawatan mesin mobil secara berkala.

4. Menentukan bantuan ahli yang mampu dengan urusan mobil dan sewanya

Maksudnya, bisnis rental mobil ini membutuhkan pegawai tambahan dalam mengoperasikan kendaraan, yang mungkin dibutuhkan. Contohnya, kebutuhan pegawai sebagi sopir yang berpengalaman, karena tidak semua orang yang menyewa mobil dapat mengendarainya sendiri. Untuk itu, maka rental mobil juga hendaknya dilengkapi dengan sopir sewaan untuk mengantar konsumen ke tempat tujuannya. Selain sopir, pasti juga membutuhkan orang yang yang bisa merawat mobil yang digunakan untuk usaha, misalnya membersihkan / mencusi mobil harian, membersihkan bagian dalam mobil, merawat / menjaga mesin mobil agar dalam kondisi yang prima.

Advertisement

5. Administrasi bisnis sewa mobil dan fasilitas pendukungnya

Manajemen administrasi usaha hendaknya dilakukan dengan cara yang transparan dan lengkap, agar data dari konsumen bisa dilihat bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dalam menjalankan rental mobil ini perlu juga dalam menentukan atau menghitung biaya yang diberlakukan untuk calon pelanggan / penyewa mobil, lengkap dengan rincian tanggung jawab dan resikonya. Contohnya biaya sewa mobil ditentukan harganya satu hari, fee sopir, dan tanggung jawab hingga mobil yang disewa kembali lagi. Selain itu, bidang administrasi ini berhubungan pula pencatatan keuangan keluar dan masuk dalam usaha.

6. Kerjasama dengan beberapa pihak

Dalam menjalankan bisnis rental mobil, perlu pula menjalin kerjasama dengan beberapa pihak terkait. Contohnya, bekerjasama dengan bengkel atau montir langganan, untuk memperbaiki ataupun perawatan mobil yang biasa digunakan untuk disewakan. Dengan melakukan kerjasama seperti ini, harapannya bisa memperoleh harga yang lebih murah. Selain itu, kerjasama juga dilakukan dengan orang yang bisa digunakan tenaganya sebagai sopir. Perlu sekali untuk memilih pilihlah sopir yang baik (tidak ugal – ugalan) dan memiliki pengetahuan tentang jalan dan mesin. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara menjaga performa mesin mobil lebih terawat. Selain itu, konsumen juga akan nyaman dan senang. Perlu dipertimbangkan pula untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lokal di sekitar usaha. Customer / penyewa yang berasal dari intansi, umumnya akan seringkali memesan mobil untuk disewa.dari rental mobil.

7. Mengatasi resiko

Dalam rangka mengatasi banyak resiko usaha, maka pelaku usaha hendaknya mempunyai cara untuk mengatasi setiap resiko yang mungkin akan muncul ketika usa rental tersebut berjalan. Contoh resiko yang mungkin ada misalnya harga bahan bakar minya dan spare part mobil. Biasanya jika mengalami kenaikan harga BBM, maka berimbas kepada tarif sewa mobil tersebut. Contoh resiko lainnya adalah hilangnya mobil ketika disewa oleh seseorang hanya sebagai kedok saja. untuk meminimalkan hal tersebut terjadi, maka dilakukan pemasangan GPS (Global Positioning System), untuk memonitor, posisi atau letak mobil tersebut berada di tangan konsumen, meminta jaminan identitas diri (KTP), bekerjasam dengan pengusaha rental lainnya untuk mengantisipasi pencurian mobil, dan lainnya. Selain itu, perlu juga melakukan kerjasama dengan perusahaan jasa asuransi untuk melindungi mobil dari berbagai resiko.

8. Promosi dan pemasaran

Strategi pemasaran yang efektif maka akan memberi dampak yang sangat bagus untuk mendukung kesuksesan bisnis rental mobil yang dijalankan. Hal ini dilakukan dalam mengatasi banyaknya persaingan rental mobil saat ini. Jika jasa rental mobil yang dijalankan tidak sepi, maka perlu dilakukan cermat dan benar dalam memaksimalkan promosi dan pemasaran, dengan mengadakan beberapa media. Contoh promosi adalah dengan memberikan promo untuk jangka waktu tertentu, dengan menawarkan harga menarik disertai dengan fasilitas yang mendukung, misal sewa 10 kali bonus 1 kali rental mobil dengan syarat dan ketentuan.

9. Stategi pemasaran dan Promosi yang efektif

Strategi pemasaran bisa dilakukan melalui beberapa media online, misalnya jejaring sosial (twitter, facebook), Iklan Google. Selain online juga bisa dilakukan dengan media iklan cetak dan elektronik jika memungkinkan memiliki cukup biaya. Iklan cetak contohnya, spanduk, pamflet atau selebaran. Penting pula untuk melakukan pemasaran dari mulut ke mulut, untuk memberitahukan bisnis rental mobil ke orang lain secara langsung. Perlu juga menjaga kualitas servis atau pelayanan kepada pelanggan, karena kepercayaan konsumen akan membawa promosi yang yang baik yang disebarkan melalui mulut ke mulut dengan cara tidak langsung.

10. Mempertahankan jalannya usaha

Jika usaha dirasa sudah lebih berkembang, maka perlu memikirkan untuk menambah stok mobil rental. Tambahan modal bisa didapatkan dari teman atau mengajak teman yang memiliki mobil untuk bekerja sama dalam usaha rental, tentunya dengan aturan kesepakatan bersama.

Peluang usaha dan bisnis rental mobil sangat baik untuk dijalankan, sebab manusia saat ini makin mobile, yang mengharuskan seseorang untuk bepergian dengan kendaraan. Category: Usaha Kecil Menengah. Tagged with: , , . Terms: usaha yang cocok dekat rumah sakit, 10 tips ampuh membangun kerajaan bisnis rental mobil.
error: Content is protected !!