Wednesday, 16 August 2017 08:15:34

Menghitung Untung Rugi Bisnis Jasa Ojek Online

Advertisement

Peluang bisnis jasa ojek online : murah dan mudah - Bicara soal bisnis jasa ojek online, maka hitung – menghitungnya tidak jauh dari biaya operasional, seperti bensin, ganti oli, perawatan mesin motor, dan biaya – biaya yang lain seperti makan siang, dan multi vitamin untuk menjaga kondisi tubuh si pengojek.

Bagi kita yang terbiasa untuk menempuh perjalanan panjang, tentu pekerjaan sebagai ojek online tidak akan jauh berbeda, namun, berbeda dengan kasusnya jika di kota kecil, dengan kota Jakarta yang selalu dihadapkan dengan masalah kemacetan.

ojek online

Kota kecil dimana tingkat kemacetan yang sangat rendah, maka ojek online sudah pasti tidak akan laku. Karena masyarakat akan lebih memilih angkutan umum biasa dimana biaya operasional akan jauh lebih murah. Dibandingkan dengan Jakarta, tingkat kemacetan tinggi, dan angkutan umum tidak bisa mengatasi masalah macet.

Sehingga keberadaan ojek online bisa menembus kemacetan dengan mudah, semahal apapun, jika daya beli masayarakat tinggi, maka layanan jasa ojek online semahal apa pun, pasti akan tetap laris. Karena mampu memenuhi permintaan pembeli jasa mereka, yaitu “tepat waktu” demi mengantarkan para pekerja yang terus dituntut tepat waktu.

Nah, apabila Anda ingin membuka usaha ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  1. Potensi antara kebutuhan masyarakat dan peluang Anda
  2. Potensi jumlah konsumen bisnis jasa ojek online Anda
  3. Dinamika perkembangan regulasi dan teknologi
  4. Kemampuan keamanan dan kenyamanan

Lihat kebutuhan masyarakat dan peluangnya

Jangan terburu – buru membuat jasa kurir, atau ojek online atau yang lain sebagainya. Jika, potensi permasalahan kemacetan di kota Anda masih rendah. Sebagai contoh, di Bandung dan Jakarta hampir setiap hari pada jam kerja akan selalu berhadapan dengan kemacetan. Sehingga para pengguna jalan raya terutama yang bekerja dengan menggunakan kendaraan roda empat, akan terjebak kemacetan, sehingga membutuhkan kendaraan roda dua untuk menembus kemacetan dengan lebih cepat.

Advertisement

Itulah yang disebut dengan permasalahan yang menimbulkan peluang buat bisnis jasa ojek online Anda. Peluang itu terlihat pada pengguna roda empat (para orang kaya) yang bisa membeli jasa bisnis ojek online Anda dengan angka (harga) di atas ojek tradisional (tanpa teknologi). Sehingga Anda bisa meraup keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ojek biasa.

Cobalah Anda hitung, dalam satu jalan jumlah kendaraan yang terjebak dalam kemacetan di suatu kota dalam satu jam (pada jam masuk kerja antara pukul: 07:00 hingga 08:00 pagi). Lalu pada jam berapa kemacetan itu akan berakhir? Jika kemacetan akan hilang pada pukul 10:00 WIB, itu artinya, ada 3 jam waktu yang terbuang di jalan raya.

Nah, maka dari itulah Anda masuk sebagai “marketing” untuk memasarkan jasa ojek online Anda ke masyarakat. Dari sanalah, potensi jumlah pengguna jasa ojek online Anda dapatkan. Coba dalam 7 hari, berapa brosur penawaran yang akan Anda habiskan?

Perlu Anda ketahui juga, bisnis jasa ojek online Anda dalam perkembangannya akan dipengaruhi oleh regulasi pemerintah. Misalnya, untuk jalan A, jalan B, dan jalan C, dilarang dilalui oleh roda dua. Maka potensi keuntungan atau omset Anda jelas akan berkurang.

Jika promosi Anda hanya melalui aplikasi android (google app), tentu bisnis ojek online milik Anda akan kalah saing juga. Jadi, teknologi masih penting juga untuk menunjang perkembangan bisnis Anda. Sehingga Anda perlu menyiasati hal tersebut.

Tidak kalah pentingnya juga, dalam promosi melalui media sosial usahakan Anda sudah memiliki nama (branding), sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Dan perlu diingat juga, karena Anda akan bekerja di lapangan, kesehatan dan stamina harus tetap terjaga.

Menghitung Untung Rugi Bisnis Jasa Ojek Online. Category: Usaha Modal Kecil, Usaha Sampingan. Tagged with: , . Terms: cara kerja ojek online, gojek sidoarjo, flowchart gojek, ojek online karawang, menghitung untung rugi bisnis jasa ojek online.
error: Content is protected !!