Monday, 24 April 2017 12:01:16

Memahami Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Advertisement

Memahami perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa - Bagi sebagian orang tentu sudah sering sekali mendengar istilah asuransi dan pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai perbedaan asuransi kesehatan dan jiwa karena pada kenyataannya di lapangan masih banyak masyarakat kita yang belum tahu jika asuransi kesehatan dan jiwa merupakan produk asuransi yang berbeda. Memang betul bila saat ini masyarakat sudah cukup akrab dengan yang namanya asuransi dan beberapa produk asuransi yang menjadi favorit antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dan asuransi kendaraan.

Namun di sini yang akan menjadi topik pembahasan utamanya adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa agar nantinya bisa membantu Anda agar tidak salah saat mengambil produk asuransi yang ditawarkan oleh penyedia jasa asuransi.

Perbedaan Asuransi Kesehatan Vs Asuransi Jiwa

Perbedaan Asuransi Kesehatan Vs Asuransi Jiwa

Pengertian Asuransi Secara Umum

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa di sini akan dibahas tentang perbedaan asuransi kesehatan dan jiwa namun sebelumnya perlu dipahami juga apa itu asuransi agar lebih mudah mengetahui produk dan cara kerja dari asuransi sendiri. Secara umum, yang dimaksud dengan asuransi adalah sebuah produk yang bisa memberikan proteksi atau perlindungan kepada pemegang polis asuransi untuk menghindarkan mereka dari kerugian finansial yang datang secara tidak terduga. Garis besarnya dengan memiliki asuransi maka seperti menabung tetapi uang yang ditabungkan ini hanya bisa dicairkan jika sudah memenuhi persyaratan khusus sesuai dengan kontrak asuransi yang berlaku.

Misalnya pada asuransi pendidikan di mana uang yang disetorkan akan cair ketika si anak masuk ke TK, SD, SMP, SMA atau ke perguruan tinggi. Karena itu jika usia si anak masih 2 – 3 tahun dan belum masuk ke TK maka dana asuransi tidak bisa diambil dan dana tersebut baru akan keluar ketika anak tadi sudah berusia lima tahun dan masuk ke TK. Begitu juga dengan asuransi kesehatan dan juga jiwa yang baru akan cair ketika pemegang polis sudah memenuhi kondisi dan persyaratan tertentu yang membuat mereka dapat mengajukan klaim asuransi. Dari sini setidaknya sudah bisa diambil gambaran mengenai asuransi dan cara kerjanya.

Memahami Asuransi Kesehatan

Langsung saja kembali ke pokok pembahasan perbedaan asuransi kesehatan dan jiwa, untuk asuransi kesehatan sendiri lebih cenderung disebut juga sebagai asuransi untuk biaya kecil sementara asuransi jiwa kebalikannya. Mengapa bisa begitu? Hal tersebut dikarenakan asuransi kesehatan biasa digunakan untuk meng-cover biaya-biaya kesehatan yang umum alias standar.

Advertisement

Biaya yang nanti akan dicover oleh produk asuransi yang satu ini biasanya mulai dari rawat inap dan rawat jalan kemudian pemeriksaan dan perawatan di dokter gigi lalu biaya persalinan kemudian daily cash. Nantinya untuk biaya dari asuransi kesehatan ini menggunakan kartu asuransi atau sistem cashless jadi pemegang polis tidak akan dipusingkan lagi dengan pembayaran pelayanan di rumah sakit sebab mereka tidak lagi harus menyediakan banyak uang tunai sebagai pembayarannya dan cukup memakai kartu asuransi yang dimiliki.

Apa Yang Dimaksud Asuransi Jiwa?

Kemudian yang berikutnya adalah mengenai asuransi jiwa yang biasa disebut juga sebagai asuransi untuk biaya yang lebih besar. Ada perbedaan yang cukup kentara dari asuransi jiwa bila dibandingkan dengan produk asuransi kesehatan meski secara sepintas kedua produk asuransi ini sedikit mirip karena masih berkaitan dengan kesehatan pemegang polis. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada asuransi jiwa menyediakan manfaat yang lebih lengkap dan tidak seperti asuransi kesehatan yang mana untuk manfaatnya memang sudah diatur dengan terperinci.

Pada asuransi jiwa ini ada beberapa manfaat tambahan lainnya di antaranya adalah critical illness yaitu suatu kondisi di mana ada penyakit yang membutuhkan pengobatan dalam jangka panjang dengan biaya yang tidak terbatas seperti kanker. Kemudian pada produk asuransi jiwa juga memberikan manfaat bagi pemegang polis yang mengalami kecelakaan yang membuat mereka mengalami cacat tetap total atau meninggal, juga sebagai tabungan di masa tua.

Untuk jangka panjang memang asuransi jiwa lebih menguntungkan ketimbang asuransi kesehatan karena produk ini memang tidak ubahnya sepeti tabungan masa depan dengan masa kontrak sampai pemegang polis meninggal dunia. Demikianlah beberapa perbedaan asuransi kesehatan dan jiwa semoga bermanfaat.

Asuransi kesehatan dan jiwa memang sedikit mirip namun sebenarnya ada beberapa perbedaan antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Category: Asuransi. Tagged with: , , . Terms: memahami perbedaan asuransi kesehatan dan jiwa.
error: Content is protected !!