Tuesday, 27 June 2017 10:45:59

Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Franchise

Advertisement

Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Franchise - Kegiatan masyarakat akan tidak jauh dari mencari rejeki atau uang, demi menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya. Bagi mereka yang telah berusia produktif, ada dua pilihan yang dapat mereka ambil, yakni bekerja atau berwirausaha demi mendapatkan uang.

Namun, di era globalisasi dan ekonomi masyarakat ASEAN ini membuat tingkat persaingan mencari pekerjaan semakin tinggi. Begitu halnya sama dengan mendirikan usaha, pasti akan menemui persaingan bidang usaha yang sama yang akan kita ambil.

franchise

Maka dari itulah, sebagian orang mengambil bisnis jasa franchise. Karena, bisnis ini tidak membutuhkan banyak promosi untuk meningkatkan branding di masyarakat, disamping potensi omset juga akan tinggi. Dibandingkan mereka yang masih merintis dalam menekuni bisnis mandiri.

Nah, maka dari itulah, bagi Anda yang ingin mencoba bisnis waralaba, musti tahu terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Bisnis Franchise

Kelebihan dari waralaba adalah karena bisnis ini telah memiliki goodwill atau nama baik dengan reputasi yang baik di mata masyarakat. Sehingga, kita tidak perlu lagi melakukan promosi ke media-media periklanan. Karena, promosi atau sosialisasi sudah dilakukan sebelum-sebelumnya oleh perusahaan awal.

Advertisement

Selain, produk yang sudah terkenal di mata masyarakat. Frenchise atau waralaba ini juga memiliki tingkat standarisasi yang tinggi sehingga, lebih mudah meyakinkan masyarakat karena mutunya lebih unggul. Selain goodwill dan mutu produk, bisnis waralaba juga memiliki tingkat manajemen finansial, pemasaran, dan periklanan yang telah terkonsep dengan matang dan lebih kuat.

Kekurangan Bisnis Franchise

Namun, selain kelebihan bisnis ini juga memiliki kekurangannya. Seperti keuntungan dari penjualan akan dipotong untuk membayar royalti. Sehingga keuntungannya akan dibagi dua, atau sesuai dengan kesepakatan di awal dengan pemilik waralaba. Selain keuntungan, kita juga akan ketergantungan dengan supplier atau perusahaan penyedia bahan pokok.

Waralaba juga sangat tergantung dengan isu perusahaan utama, jika sedang dirundung masalah, maka sentimen masyarakat tentang produk kita pun akan berubah dan bisa berpengaruh pada omset yang akan di dapat.

Biaya membeli waralaba juga akan sangat besar, karena akan menyesuaikan dengan standarisasi pemilik waralaba.

Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Franchise. Category: Peluang Usaha Franchise, Usaha Kecil Menengah. Tagged with: , , . Terms: kekurangan dan kelebihan bisnis franchise.
error: Content is protected !!