Monday, 24 April 2017 12:04:00

Cara Buka Usaha Air Bersih di Rumah

Advertisement

Cara Buka Usaha Air Bersih di Rumah - Pada saat musim kemarau seperti ini, usaha yang paling bisa diandalkan adalah dengan berjualan air bersih dan air minum. Karena, segmentasi pasar kita akan sangat jelas yakni mereka yang hidup dan membutuhkan air, bukan hanya manusia, tetapi juga hewan, tumbuhan, dan sayuran lainnya.

air minum sehat

Modal yang dibutuhkan pun cukup dengan membuat bak penampungan air, media pengiriman, dan pemasaran dari mulut ke mulut di desa tempat tinggal sekitar kita. Nah, sebelum membuka usaha air bersih di rumah sebelumnya kita perlu atur strategi bisnis kita terlebih dahulu agar bisa membaca tingkat keberlangsungan bisnis kita ke depan dan tidak berhenti.

Mula – mula kita bidik sasaran rumah yang bakal menjadi konsumen dan pelanggan kita, nah lalu targetkan berapa rumah yang bakal kita jaring dalam satu lingkup sekeliling rumah kita. Misalkan:

Satu desa ada 100 rumah yang membutuhkan air bersih dan air minum dan belum berlangganan dengan air pam milik pemerintah daerah. Maka kita bisa targetkan sebanyak 90 rumah yang akan membutuhkan produk air bersih dan air mineral kita.

Setelah itu, barulah kita kalkulasi berapa kebutuhan rumah dalam satu bulan berjalan. Misalnya 100 liter dalam satu rumah, berarti ada 9.000 liter yang kita stok dalam usaha jualan air bersih di rumah kita. Itu artinya, kita membutuhkan 9000 liter dalam satu bulan.

Setelah itu kita perlu melakukan kalkulasi pengambilan keuntungan dari usaha ini. Caranya dengan cara menghitung biaya operasional dengan biaya pokok pembelian air bersih dan selisih dari nilai jual.

Advertisement

Jika kita mengambil 9000 liter, maka yang perlu kita ambil adalah dengan kalkulasi harga air perliternya misalkan Rp 1000,- maka untuk mengambil keuntungannya kita bisa mengambilnya dengan 100% yakni menjual dengan harga per liternya Rp 2.000,-.

Sehingga setiap satu liter yang kita jual akan mendapatkan laba bersih sebesar Rp 1.000.000,- sehingga dalam satu bulan kita akan mendapatkan sebesar Rp 9.000.000,- sembilan juta rupiah jika stok air yang kita jual habis di pasaran.

Namun keuntungan Rp 9.000.000,- ini belum termasuk dalam biaya operasionalnya. Sehingga kita bisa menguranginya dengan biaya kemungkinan transportasi dan perawatan akomodasi seperti motor, bensin, ganti oli, perawatan suku cadang dan lain sebagainya kita bisa mematoknya di nominal angka Rp 3.000.000,-

Sehingga keuntungan yang akan di dapat dalam bisnis ini adalah sebesar Rp 9.000.000,- dikurangi Rp 3.000.000,- sehingga jatuhnya adalah Rp 6.000.000 (enam juta rupiah).

Tentunya nilai di atas adalah nilai target, namun di dalam kenyataannya di dalam satu desa biasanya sudah ada yang terjun dalam bisnis ini, sehingga pelanggan kita akan berkurang. Sesuai dengan persaingan bisnis usaha air bersih dan air minum di desa kita. Tentunya Anda harus pandai-pandai lagi.

Cara Buka Usaha Air Bersih di Rumah. Category: Usaha Sampingan. Tagged with: , , . Terms: cara membuat garskin hp sendiri di rumah, ngampas keliling, jualan sosis di rumah, ngampas rokok, cara membuat garskin sendiri di rumah, jualan kecil2an, usaha rumahan sambil momong anak, Usha bisns kcl2n drmh, cara buka usaha air bersih di rumah.
error: Content is protected !!