Monday, 24 April 2017 12:01:00

Cara Mudah Beternak Lovebird bagi Pemula

Advertisement

Tips & cara sukses beternak lovebird bagi pemula, kicau mania wajib baca - Beternak lovebird bisa menjadi usaha yang cukup menjanjikan apalagi sebagian besar masyarakat sangat gemar memelihara burung ini. Bagi yang tertarik untuk mencoba membuka usaha ternak lovebird ini hendaknya mencari informasi lebih dulu seputar cara beternak lovebird supaya tidak menemui masalah-masalah atau kesulitan dalam hal pembudidayaannya karena bagaimana pun juga usaha ternak apalagi burung kicau memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Untungnya pada kesempatan ini di sini akan membahas cara ternak lovebird bagi pemula dan informasi tersebut banyak dicari oleh para pecinta lovebird yang ingin membudidayakan burung kicau yang menjadi primadona para penggemar burung kicau ini.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dengan Betina

Sebelum mengupas lebih jauh tentang cara beternak lovebird ini terlebih dahulu kami akan memberitakan informasi penting cara membedakan lovebird jantan dan betina. Bagi para pemula tentu akan mengalami kesulitan ketika diminta untuk membedakan manakah lovebird yang jantan dengan yang betina karena dari tampilan luarnya sangat mirip dan tidak seperti beberapa jenis burung kicau lainnya seperti cucak hijau yang mana untuk membedakan jenis kelaminnya bisa dengan melihat warna buru pada dagunya.

Burung Love Bird

Agar bisa membedakan mana lovebird jantan dan yang betina bisa dilakukan pengamatan dan salah satu ciri yang paling kelihatan adalah pada lovebird jantan ketika bertengger maka kakinya lebih rapat sedangkan yang betina justru melebar. Lovebird jantan juga memiliki bobot yang lebih ringan dibanding yang betina kemudian bulu lovebird jantan terlihat lebih terang dari yang betina.

Ujung ekor lovebird jantan bentuknya runcing sementara yang betina cenderung merata. Jika sering mengamati tentu lama-lama menjadi terbiasa sehingga akan lebih mudah dalam membedakan lovebird jantan dengan yang betina.

Cara Menjodohkan Lovebird

Selanjutnya pada cara beternak lovebird akan dibahas bagaimana cara menjodohkan lovebird dengan cepat secara efektif. Untuk langkah-langkahnya yang pertama pilihlah lovebird jantan dan betina yang masih muda kemudian satukan keduanya di dalam satu kandang yang sama agar bisa saling mengenal. Tetapi jika ingin menjodohkan lovebird yang sudah dewasa sebaiknya dilakukan dengan memisahkan mereka pada kandang yang berdua lalu tempelkan kandang tadi terlebih dulu. Bila kedua lovebird tadi terlihat sudah mulai akrab baru selanjutnya disatukan dalam satu kandang.

Advertisement

Di samping itu dalam menjodohkan lovebird ini bisa dilakukan juga secara berkelompok atau koloni seperti yang akan dikupas dalam cara ternak lovebird sistem koloni ini. Cara ini juga dinilai sebagai cara yang paling efektif sebab lovebird bisa memilih pasangan mereka sendiri dengan sesuka hati dan secara alami juga lovebird adalah burung yang hidup berkoloni dan berpasang-pasangan sehingga cara ini membuat lovebird merasa nyaman karena seperti hidup di alam bebas.

Ternak Lovebird Sistem Koloni

Ternak Lovebird Sistem Koloni

Maka dari itu siapkan kandang yang ukurannya cukup besar karena ada beberapa pasang lovebird yang bakal ditempatkan di kandang tersebut. Yang mesti diperhatikan adalah jangan sampai jumlah lovebird jantan lebih banyak dari betina dan bagusnya betinanya yang lebih banyak atau dibuat sepasang-sepasang seperti 5 jantan dan 5 betina. Kemudian masukan juga lovebird yang umurnya sudah siap untuk kawin. Berikutnya siapkan juga sarana, pakan juga perawatan agar lovebird merasa nyaman dan memungkinkan mereka untuk bertelur banyak dan lebih cepat.

Tips Agar Lovebird Cepat Bertelur

Cara agar lovebird cepat bertelur yaitu dengan menempatkan lovebird yang usianya sudah matang ke dalam sangkar koloni tadi. Perhatikan juga untuk pemilihan indukan dan yang bagus untuk lovebird jantan berumur 8 bulan sedangkan yang betina minimal berumur 1 tahun. Perlu juga untuk menyiapkan kotak sangkar atau glodok sebagai tempat bertelur bagi lovebird betina. Umumnya seekor lovebird betina bisa bertelur hingga sebanyak lima butir dan untuk penetasannya butuh waktu selama 22 sampai 24 hari.

Untuk pakan bagi anakan lovebird yang telah menetas ini tidak ada yang khusus dan pakannya sendiri bisa dibeli di toko yang menjual makanan burung. Satu lagi pisahkan juga anakan lovebird yang sudah berumur 11-15 hari supaya anakan tadi lebih jinak. Letakan juga anakan lovebird pada kotak yang beralaskan kain dan terangi dengan lampu 5 watt agar suhu badannya sesuai. Itulah beberapa cara beternak lovebird bagi pemula.

Panduan lengkap beternak lovebird bagi pemula disertai cara membedakan lovebird jantan dan betina + tips agar lovebird cepat bertelur. Category: Usaha Kecil Menengah, Usaha Sampingan. Tagged with: , , , , . Terms: cara bisnis lovebird, masalah2 ternak lovebird secara koloni, cara mudah beternak lovebird bagi pemula.
error: Content is protected !!