Monday, 24 April 2017 11:58:24

Daftar Asuransi Kendaraan Bermotor All Risk Terbaik

Advertisement

Ini daftar asuransi motor all risk terbaik di Indonesia - Banyaknya jumlah pengendara sepeda motor dan tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia menjadikan masyarakat berbondong-bondong mendaftarkan aset kendaraannya pada perusahaan asuransi. Asuransi dinilai sebagai “pencegahan” dari kejadian yang tidak diinginkan selama berkendara atau hanya parkir. Terlebih saat ini nominal bayar premi masih relatif terjangkau, namun manfaat dari proteksi yang ditawarkan sangat banyak.

Advertisement

Pada ulasan kali ini, kami sajikan informasi Daftar Asuransi Kendaraan Bermotor All Risk terbaik di Indonesia, beserta dengan rate asuransi atau jumlah bayar premi per produk asiransi. Sehingga Anda bisa memilih, manakah yang tepat menjadi asuransi Andalan Anda dan aset kendaraan bermotor Anda.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Sama seperti asuransi mobil, asuransi kendaraan bermotor pada dasarnya dibagi menjadi 2 jenis yaitu Total Lost Only (TLO) dan All Risk.

Asuransi Motor All Risk

Asuransi Motor All Risk

Selain itu, kendaraan bermotor yang dibeli secara kredit biasanya sudah termasuk asuransi di dalamnya. Namun yang digunakan adalah skema Total Lost Only (TLO). Tidak ada salahnya jika memperluas proteksi menjadi All Risk, karena manfaat dan jangkauan proteksi yang diberikan jauh lebih banyak karena skema All Risk memberikan jaminan pertanggungan baik kerusakan kecil hingga besar.

Kasus begal yang marak terjadi beberapa tahun belakangan ini mengakibatkan masyarakat merugi belasan juta. Jika hal ini disikapi dengan mendaftarkan kendaraan bermotor pada asuransi kendaraan bermotor sejak awal kredit motor, maka kerugian ini bisa ditanggulangi. Contohnya, harga kredit motor yang dibeli Rp 13.000.000. Jika didaftarkan pada asuransi kendaraan bermotor, maka pengkredit akan dikenai rate asuransi 2,5% dari harga motor plus biaya administrasi. Hanya kurang 1 bulan cicilan, motor dibegal. Jika motor ini sudah diasuransikan, akan mendapat penggantian kerugian sebesar harga motor tadi.

Jadi, nantinya pihak asuransi akan mengganti Rp 13.000.000,- dikurangi 10% nilai penyusutan. Sehingga total ganti rugi yang diberikan sebesar 11Rp 11.700.000,-. Lumayan kan? Bandingkan dengan kerugian yang diderita pengkredit tanpa asuransi kendaraan bermotor.

Berikut ini daftar penyebab kerugian yang dijamin oleh polis asuransi kendaraan bermotor:

  • Kecelakaan tabrakan, benturan, tergelincir dan terperosok
  • Perbuatan kriminalitas semisal begal, perampokan, pencurian dan tindak kekerasan lain
  • Kerusakan selama dalam penyebrangan antar pulau (yang diawasi oleh Dirjen Perhubungan)

Adapun kerugian yang tidak dijamin oleh polis asuransi kendaraan bermotor (tiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing) adalah sebagai berikut:

  • Kehilangan keuntungan setelah kecelakaan atau kendaraan tidak dapat digunakan lagi
  • Penggelapan
  • Rusaknya peralatan non-original
  • Kehilangan atau kerusakan yang diakibatkan oleh kelalaian pengemudi (penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang)
  • Kehilangan atau kerusakan akibat belajar mengemudi dan kegiatan ilegal (sengaja kebut-kebutan atau illegal drag race)
  • Kelebihan muatan
  • Pelanggaran lalu-lintas (baik pelanggaran selama dalam perjalanan atau menyimpan senjata ilegal)
  • Bencana alam dan perang

Asuransi kendaraan bermotor tidak hanya dikenakan pada motor yang baru saja dibeli, tapi juga bagi motor lama alias mengasuransikan motor lama. Hanya, pada beberapa perusahaan menerapkan kebijakan tambahan 5% dari baiaya pertanggungan bagi motor lama.

Jeli Memilih Produk Asuransi Motor Terbaik

Dalam memilih asuransi motor terbaik, yang paling utama dipertimbangkan adalah mengenali produk dari perusahaan asuransi tersebut. Dengan mengenali perusahaan asuransi motor tersebut, baik dari brand atau track record-nya (segi finansial perusahaan) maka akan semakin mudah memilih manakah asuransi motor terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Perusahaan asuransi motor terbaik tentunya menawarkan pembayaran premi yang murah dan juga mudah.

Namun khusus kendaraan motor, asuransi dengan skema All Risk tidak serta merta dapat diterapkan pada motor pada umumnya. Hanya motor dengan harga lebih dari 30 juta yang dapat menikmati proteksi All Risk.

Asuransi Motor All Risk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, proteksi All Risk hanya bisa berlaku pada kendaraan motor dengan harga beli lebih dari 30 juta, jadi motor matic atau bebek yang beredar banyak sekarang ini belum bisa menikmati skema asuransi motor All Risk.

Proteksi yang diberikan asuransi motor All Risk tidak ada bedanya dengan asuransi mobil, yaitu menjamin segala kerusakan baik skala kecil seperti baret lecet hingga skala besar seperti kecelakaan lalu lintas, kerusakan akibat perampokan, dan akibat bencana alam. Layanan ini jelas hanya menyasar tunggangan berharga diatas 30 juta rupiah. Contoh motor yang memenuhi kriteria asiransi motor All Risk adalah Honda CBR dan motor 250 cc ke atas.

Apalagi jika memiliki tunggangan sekelas Harley-Davidson, asuransi motor All Risk menjadi wajib dimiliki.
Karena manfaat dengan cakupan yang lebih komplit, premi asuransi motor All Risk tentu lebih mahal. Suku bunga atau rate asuransi yang diterapkan mulai dari 4,5%. Perhitungannya (tidak termasuk biaya administrasi) :

Suku Bunga (%) x Harga On The Road Motor

Contoh: Harga motor Honda CBR 250cc Rp 47.000.000,- sedangkan rate asuransi/suku bunganya 4,5% dan biaya administrasinya Rp 50.000,-. Maka total yang harus dibayarkan:

(4,5% x Rp 47.000.000,-) + Rp 50.000,- = Rp 2.165.000,- per tahun

Jadi, saat terjadi kecelakaan dan kerusakan pada spare part motor dan harganya tergolong mahal karena harus impor, pihak asuransi akan menanggungnya secara penuh. Pemegang polis hanya perlu membayar biaya klaim yang sudah diatur dan disepakati pada Polis Asuransi Kendaraan Bermotor.

Seperti yang tercantum pada Surat Edaran Otoritas Jasa Keungan Nomor SE-06/D.05/2013, biaya resiko klaim asuransi motor All Risk sebesar Rp 300.000,-. Biaya ini dibayarkan per kejadian kecelakaan. Semisal motor mengalami 2 kali kecelakaan, maka biaya klaim yang dibayarkan 2 x Rp 300.000,- = Rp 600.000,-.

Cara klaim Asuransi Kendaraan Bermotor

Lalu bagaimana pengajuan klaim yang tepat?

  • Laporkan kecelakaan pada perusahaan asuransi terkait maksimal 3×24 jam setelah kecelakaan
  • Bawa motor ke bengkel kerja sama agar secepatnya dibuatkan estimasi biaya perbaikan. Nantinya pihak bengkel akan melaporkan rincian biaya ke perusahaan asuransi
  • Tunggu konfirmasi dari perusahaan asuransi. Setelah motor selesai diperbaiki, pihak asuransi akan mengabari pemegang polis dan motor sudah bisa dibawa pulang

Selalu cermat dan teliti membaca polis yang ditawarkan pihak asuransi kendaraan bermotor. Pemahaman yang baik akan sangat membantu pemegang polis dalam membayar premi dan mengajukan klaim serta medapatkan manfaat secara maksimal dari produk asuransi motor tersebut.

Sejauh ini, perusahaan dan produk asuransi motor All Risk yang beredar di Indonesia adalah asuransi motor Simasnet dari Sinar Mas dan asuransi motor SIMODA dari PT Swadana Inservtama yang memiliki jangkauan dealer dan bengkel terluas di Indonesia.

Asuransi Motor Kredit Kecelakaan

Jika sebelumnya telah disebutkan bahwa (pada umumnya) tiap motor yang dibeli dengan sistem kredit sudah didaftarkan asuransi kendaraan bermotor, maka pembeli juga bisa memperluas asuransinya dengan asuransi motor kredit kecelakaan.

Apa yang dimaksud asuransi motor kredit kecelakaan? Produk asuransi jenis ini juga disebut Personal Accident Insurance memberikan perlindungan dan jaminan keselamatan pada pengendara. Biasanya akan dihitung per bagian tubuh yang mengalami kecelakaan. Beberapa asuransi akan menawarkan asuransi motor kredit kecelakaan disamping asuransi kendaraan bermotor.

Semua biaya dan penggantian rugi terhadap cacat akibat kecelakaan ditanggung sepenuhnya oleh pihak asuransi, hingga Rp 80.000.000,-. Premi tahunannya pun bervariasi, mulai dari Rp 45.000,- hingga Rp 100.000,-. Namun beberapa asuransi menerapkan diskon pada tahun-tahun berikutnya atau berdasarkan kesepakatan bersama. Jaminan yang ditanggung oleh asuransi motor kredit kecelakaan antara lain:

  • Kematian disebabkan kecelakaan atau Risiko Meninggal Dunia (Risiko A)
  • Ganti rugi 100% dari Jumlah Pertanggungan
  • Gangguan fisik dan cacat (baik fisik dan mental) akibat kecelakaan atau Risiko Cacat Tetap dan Risiko Cacat Tidak Tetap (Risiko B)
  • Ganti rugi proporsional terhadap jumlah pertanggungan
  • Biaya Rumah Sakit atau Risiko Biaya Pengobatan/Perawatan Dokter/Rumah Sakit (Risiko D)
  • Dan ganti rugi maksimum sebesar Jumlah Pertanggungan

Seperti halnya penyebab yang dikecualikan dalam Polis Asuransi Kendaraan Bermotor, asuransi motor kredit kecelakaan juga tidak menanggung atau mengganti kerugian yang disebabkan kelalaian pengendara seperti mabuk dan dalam kondisi terpengaruh obat-obatan terlarang, sengaja mengebut atau pengendara yang tidak sah secara hukum berlalu lintas.

Asuransi Kehilangan Motor FIF

PT Federal Intenational Finance (FIF) adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan sepeda motor khusus merk Honda dengan 195 poin layanan dan 73 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan sejak 1 Mei 2010, FIF yang semula melayani pembiayaan sepeda motor Honda sepaket dengan penawaran proteksi untuk motor hilang atau rusak, diperluas dengan asuransi tambahan yakni Program Perlindungan Sisa Angsuran (PPSA) dan Program Personal Accident Pengemudi Penumpang (PAPP).

Asuransi kehilangan motor FIF sudah sepaket dengan kredit motor Honda. Namun hanya berlaku untuk skema TLO. Pihak asuransi akan mengganti pada kasus dimana biaya perbaikan motor lebih dari 75% dari nilai pertanggung jawaban, seperti halnya kasus kehilangan motor (Total Loss Stolen).

Nilai ganti rugi yang diterima pemilik kendaraan Honda dari kredit FIF dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Apabila harga motor setelah penyusutan per tahunnya dibawah 10 juta, maka pegembalian akan dipotong 1 juta
  • Apabila harga motor setelah penyusutan per tahunnya diatas 10 juta, maka pengembaliannya dipotong sebesar 10%
  • Apabila kehilangan motor disebabkan hipnotis, penggelapan, atau penipuan (setelah diadakan wawancara dan kroscek ke kantor kepolisian) maka pengembalian dipotong 20%

Pemilik kendaraan cukup melaporkan kasus kehilangan pada FIF terdekat, dengan melampirkan berkas lengkap termasuk laporan kepolisian, surat-surat kendaraan bermotor serta lampiran penting lainnya. Pihak asuransi FIF akan menindaklanjuti laporan selama 30 hari.

Ketahui bagaimana memilih asuransi motor terbaik? berikut ini cara memilih asuransi motor all risk disertai cara klaim asuransi motor. Category: Asuransi. Tagged with: , , , , , . Terms: asuransi fif ppsa, daftar asuransi kendaraan bermotor all risk terbaik.
error: Content is protected !!